Slider_Tanggal_Penting_SNBP.jpg

PENGUMUMAN
REKTOR UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA
 NOMOR Peng/5/UN61/TM.00.04/2023

TENTANG

KETENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA DAN PROGRAM DIPLOMA TIGA HASIL SELEKSI NASIONAL BERBASIS PRESTASI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA TAHUN 2023

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S-1) dan Program Diploma Tiga (D-3) hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta Tahun 2023, bersama ini kami sampaikan hal sebagai berikut:

  1. Pengisian Identitas Diri
  1. Seluruh calon mahasiswa baru wajib:
  1. mengisi identitas diri mengacu pada data yang telah diisi pada saat pendaftaran SNBP Tahun 2023; dan
  2. mengunggah file dokumen identitas diri melalui laman https://uktmaba.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir.

Waktu pengisian identitas diri dimulai pada Selasa, 28 Maret 2023 pukul 19.00 WIB sampai dengan Sabtu, 1 April 2023 pukul 15.00 WIB.

  1. Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SNBP Tahun 2023 wajib melaksanakan ketentuan sebagai berikut:
  1. menjalani tes kesehatan dengan ketentuan:
  1. bagi seluruh calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SNBP Tahun 2023 wajib menjalani tes kesehatan yakni tes bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya; dan
  2. bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SNBP Tahun 2023 pada program studi S-1 Kedokteran dan S-1 Farmasi juga wajib menjalani tes kesehatan tes buta warna.
  1. tes kesehatan dapat dilakukan di UPN “Veteran” Jakarta yang berlokasi di Jalan Raya Limo Kecamatan Limo Kota Depok 16515 Kampus Limo Gedung Medical Education and Research Center (UPNVJ MERce);
  2. tes kesehatan dilaksanakan pada Jumat, 31 Maret 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB;
  3. dalam hal hasil tes bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya sebagaimana dimaksud dalam Angka 1) huruf a) menunjukkan calon mahasiswa baru tidak memenuhi kriteria (positif pada Cocaine (COC) dan Marijuana (THC)) maka calon mahasiswa baru tersebut tidak dapat melanjutkan proses penerimaan mahasiswa baru hasil SNBP Tahun 2023;
  4. dalam hal hasil tes buta warna sebagaimana dimaksud dalam Angka 1) huruf b) menunjukkan calon mahasiswa baru program studi S-1 Kedokteran dan S-1 Farmasi tidak memenuhi kriteria (buta warna) maka calon mahasiswa baru tersebut tidak dapat melanjutkan proses penerimaan mahasiswa baru hasil SNBP Tahun 2023;
  5. tata cara pendaftaran dan jadwal pelaksanaan tes buta warna dan tes narkotika dan obat/bahan berbahaya lebih lanjut akan diinformasikan melalui laman https://penmaru.upnvj.ac.id dan media sosial UPN “Veteran” Jakarta (Pastikan mengikuti media sosial UPN “Veteran” Jakarta).
  1. Penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT)
    1. Besaran UKT untuk setiap calon mahasiswa baru akan diumumkan melalui laman https://uktmaba.upnvj.ac.id/index.php/infobayar.html dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir.
    2. Pengumuman besaran UKT dapat dilihat mulai Selasa, 4 April 2023 pukul 15.00 WIB.
    3. Calon mahasiswa baru dapat melakukan pembayaran dan pelunasan sesuai UKT yang sudah diumumkan mulai Selasa, 4 April 2023 pukul 09.00 WIB sampai dengan Jumat, 14 April 2023 pukul 15.00 WIB melalui Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Syariah Indonesia (BSI) atau Bank Tabungan Negara (BTN).
    4. Panduan Pembayaran dapat dilihat di laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.
    5. Calon mahasiswa baru yang telah melakukan pembayaran dan pelunasan UKT dan/atau ditetapkan sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dapat langsung melakukan daftar ulang secara dalam jaringan (online) melalui laman https://regmaba.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir.
    6. Daftar ulang secara dalam jaringan (online) wajib dilakukan paling lambat pada Jumat, 14 April 2023 pukul 23.59 WIB.
    7. Bagi calon mahasiswa baru pembayaran dan pelunasan UKT dilaksanakan setelah hasil tes kesehatan diumumkan oleh Panitia.
    8. Bagi calon mahasiswa baru peserta KIP-K akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum ditetapkan sebagai penerima KIP-K dan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:
  1. segera menyelesaikan pengisian identitas diri;
  2. verifikasi data peserta KIP-K dilakukan pada Rabu, 29 Maret 2023 sampai dengan Jumat, 31 Maret 2023 oleh petugas verifikasi dari UPN “Veteran” Jakarta;
  3. petugas akan menghubungi calon mahasiswa baru melalui nomor WhatsApp dengan video call dan/atau visitasi ke alamat rumah sesuai dengan data  yang diisi pada identitas diri;
  4. dalam melaksanakan verifikasi, petugas verifikasi akan menunjukan surat tugas;
  5. penetapan penerima KIP-K akan diumumkan pada Selasa, 4 April 2023 pukul 09.00 WIB melalui laman https://uktmaba.upnvj.ac.id/index.php/infobayar.html dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir; dan
  6. UPN “Veteran” Jakarta akan mengumumkan UKT yang harus dibayar dan dilunasi bagi peserta KIP-K yang tidak ditetapkan sebagai penerima KIP-K dengan batas pembayaran Jumat, 14 April 2023 pukul 15.00 WIB.
  7. bagi calon mahasiswa baru yang telah melakukan pembayaran UKT dan/atau ditetapkan sebagai penerima KIP-K dapat langsung melakukan Daftar Ulang secara dalam jaringan (online) sampai dengan pada Jumat, 14 April 2023 pukul 23.59 WIB melalui laman https://regmaba.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir.
  1. Pengajuan Sanggah Besaran UKT
    1. Bagi calon mahasiswa baru yang keberatan dengan besaran UKT yang diumumkan dapat mengajukan sanggahan dengan menyampaikan bukti pendukung secara dalam jaringan (online) yang diunggah pada laman https://uktmaba.upnvj.ac.id/index.php/sanggah.html dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir.
    2. Waktu pengajuan sanggah pada Selasa, 4 April 2023 pukul 09.00 WIB sampai dengan Kamis, 6 April 2023 pukul 15.00 WIB.
    3. Terhadap pengajuan sanggahan yang diajukan oleh calon mahasiswa baru akan diklarifikasi melalui wawancara oleh petugas wawancara yakni oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas masing-masing.
    4. Calon mahasiswa baru akan dihubungi melalui nomor WhatsApp (video call) sesuai dengan data identitas diri (Pastikan nomor yang diisikan saat pengisian identitas diri aktif).
    5. Calon mahasiswa baru wajib didampingi orangtua/wali saat diwawancara.
    6. Pelaksanaan wawancara sanggah besaran UKT Sabtu, 8 April 2023 sampai dengan Senin, 10 April 2023.
    7. Bagi yang tidak dapat dihubungi maka UKT yang dibebankan sesuai dengan UKT yang ditetapkan sebelumnya.
    8. Pengumuman besaran UKT setelah wawancara sanggah dapat dilihat mulai Selasa, 11 April 2023 Pukul 15.00 WIB melalui laman https://uktmaba.upnvj.ac.id/index.php/infobayar.html dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SNBP Tahun 2023 dan tanggal lahir.
  1. UKT dengan status “Perlu Verifikasi”
    1. Dalam hal status UKT calon mahasiswa baru Perlu Verifikasi maka terhadap calon mahasiswa baru akan dilakukan wawancara oleh petugas wawancara yakni Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas masing-masing.
    2. Calon mahasiswa baru akan dihubungi melalui nomor WhatsApp sesuai dengan data identitas diri.
    3. Calon mahasiswa baru wajib didampingi orangtua/wali saat diwawancara.
    4. Wawancara akan dilaksanakan pada Sabtu, 8 April 2023.
  1. Pembayaran UKT setelah Sanggah Besaran UKT
    1. Calon mahasiswa baru dapat melakukan pembayaran dan pelunasan besaran UKT setelah sanggah yang diumumkan pada Selasa, 11 April 2023 pukul 15.00 WIB sampai dengan Jumat, 14 April 2023 pukul 15.00 WIB melalui BNI, BSI, atau BTN.
    2. Panduan pembayaran dan pelunasan besaran UKT dapat dilihat di laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.
    3. Pembayaran dan pelunasan besaran UKT setelah Jumat, 14 April 2023 pukul 15.00 WIB tidak dapat dilayani dan calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri.
    4. Bukti tanda terima pembayaran diunggah pada saat daftar ulang secara dalam jaringan (online).
  1. Daftar Ulang
    1. Daftar ulang dapat dilakukan setelah melakukan pembayaran UKT dan atau ditetapkan sebagai penerima KIP-K.
    2. Calon mahasiswa baru melaksanakan daftar ulang pada Selasa, 4 April 2023 pukul 09.00 WIB sampai dengan Jumat, 14 April 2023 pukul 23.59 WIB.
    3. Dokumen yang diperlukan untuk melaksanakan daftar ulang merupakan hasil pindaian (scan) dokumen asli atau berwarna yang meliputi:
    4. Kartu Tanda Peserta SNBP;
    5. Identitas (KTP/Nomor Resi Pembuatan KTP);
    6. Kartu Keluarga (KK);
    7. Ijazah/SKL;
    8. Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar UKT;
    9. Bukti Tanda Terima Pembayaran UKT dari Bank;
    10. Surat Pernyataan Sebagai Mahasiswa Baru;
    11. Surat Hasil Pemeriksaan Buta Warna dari Klinik Utama Rawat Jalan UPN “Veteran” Jakarta (khusus mahasiswa Fakultas Kedokteran);
    12. Surat Hasil tes narkotika dan obat/bahan berbahaya dari Klinik Utama Rawat Jalan UPN “Veteran” Jakarta (untuk rumpun ilmu Kesehatan);
    13. Bukti Kebenaran Data;
    14. Bukti Pendaftaran KIP-K (jika penerima KIP-K);
    15. Kartu KJP (jika pemegang KJP);
    16. Buku Rekening KJP (jika pemegang KJP); dan
    17. Surat Pernyataan KJP ke KJMU (jika pemegang KJP).
  1. Pembatalan Calon Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa baru dinyatakan batal haknya menjadi mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta apabila:

  1. Tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 sampai dengan Angka 7;
  2. Memberikan keterangan yang tidak benar; dan
  3. Terlambat melakukan daftar ulang dari jadwal yang telah ditentukan.
  1. Penutup
    1. Apabila calon mahasiswa baru telah diterima pada salah satu program studi di UPN “Veteran” Jakarta namun mengundurkan diri maka seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.
    2. Kepada seluruh calon mahasiswa baru wajib mengikuti media sosial UPN “Veteran” Jakarta agar tetap dapat informasi terbaru.
    3. Informasi tentang penerimaan mahasiswa baru lebih lanjut dapat menghubungi bagian informasi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Jakarta Tahun 2023 melalui:
      WhatsApp (WA Chat Only) : 0822-4643-2535 atau 0858-8302-2351 atau 0858-8302-2355
      Email : penmaru@upnvj.ac.id

Informasi, pengumuman dan berita penerimaan mahasiswa baru seluruhnya hanya kami sampaikan melalui Website resmi: https://penmaru.upnvj.ac.id

Media sosial resmi:

Jakarta, 28 Maret 2023

Rektor,

Anter Venus
NIP 196806021994031002