fix796431c2-2124-40ea-b9b6-82e1d0c35256.jpegWhatsApp_Image_2024-07-17_at_20.31.19.jpeg

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA PROGRAM STUDI KAJIAN FILM, TELEVISI, DAN MEDIA
JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA TAHUN 2024

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S-1) Program Studi Kajian Film, Televisi, dan Media Jalur Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (SEMA UPNVJ) Tahun 2024, bersama ini kami mengundang dan memberi kesempatan kepada Pendaftar yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri dan mengikuti SEMA UPNVJ Program Sarjana (S-1) Program Studi Kajian Film, Televisi, dan Media Tahun 2024 dengan informasi lengkap sebagai berikut:

Jalur Masuk Program Studi S1 Kajian Film, Televisi, dan Media SEMA UPNVJ:

Dilakukan melalui jalur akademik dengan kriteria kelulusan menggunakan nilai UTBK-SNBT Tahun 2024.

Ketentuan Seleksi Program Studi S1 Kajian Film, Televisi, dan Media SEMA UPNVJ :

  1. Pendaftar SEMA UPNVJ berasal dari peserta UTBK-SNBT Tahun 2024.
  2. Pendaftar hanya dapat memilih program sarjana program studi Kajian Film, Televisi, dan Media.
  3. Biaya pendaftaran SEMA UPNVJ sebesar Rp275.000,00 (dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah). Pembayaran dapat dilakukan di Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Tabungan Negara (BTN), atau Bank Mandiri melalui teller, ATM, m-banking, dan/atau internet banking. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada tautan https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.

Jadwal Pendaftaran SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media :

Pendaftaran jalur SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media Tahun 2024 mulai Kamis, 18 Juli 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan Kamis, 25 Juli 2024 pukul 13.00 WIB yang dilakukan secara dalam jaringan (online) melalui laman: https://pendaftaran.upnvj.ac.id/.

Tata Cara Pendaftaran SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media :

  1. Pendaftar memasukan nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, nomor peserta UTBK - SNBT Tahun 2024, NISN, NPSN, nomor telepon seluler, dan alamat email untuk mendapatkan Nomor Formulir dan Personal Identification Number (PIN). Pastikan menggunakan alamat email dan nomor telepon seluler yang aktif.
  2. Pendaftar akan diminta konfirmasi data UTBK-SNBT Tahun 2024. Jika sesuai maka dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan klik tombol “Simpan”. Jika tidak sesuai maka Pendaftar diminta untuk mengecek kembali data pendaftaran UTBK-SNBT Tahun 2024.
  3. Pendaftar akan diberikan informasi mengenai Nomor Formulir dan PIN yang akan dikirimkan melalui email. Namun demikian, Pendaftar harap tetap mencatat dan menyimpan Nomor Formulir dan PIN (Foto/screenshot). Pendaftar melakukan pembayaran melalui BNI, BSI, BTN, dan/atau Bank Mandiri untuk mengaktifkan PIN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.
  4. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Mengunggah pasfoto;
    2. Mengisi data pribadi yang meliputi Biodata dan data orangtua atau wali;
    3. Mengisi data asal sekolah;
    4. Memilih program studi;
    5. Memilih Besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI);
    6. Menyatakan kesanggupan pembayaran IPI;
    7. Mengunduh, mencetak, mengisi, dan mengunggah surat pernyataan kesanggupan membayar UKT dan IPI;
    8. Memeriksa data yang telah diisi. Jika sudah sesuai maka klik “Finalisasi”. Jika sudah klik” Finalisasi” maka data akan terkunci dan tidak dapat di edit. Pastikan data yang diisi benar; dan
    9. Mencetak Kartu Peserta Pendaftaran SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media.

Biaya Pendidikan jalur SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media 

Biaya Pendidikan bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media Tahun 2024 meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayar per semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayar pada awal penerimaan mahasiswa baru sebagaimana tercantum dalam tabel sebagai berikut:

Tabel Uang Kuliah Tunggal (UKT) Jalur SEMA UPNVJ
Program Sarjana Program Studi Kajian Film, Televisi, dan Media Tahun 2024​

NO

PROGRAM STUDI

UKT 2024 PER SEMESTER

1

S1 Kajian Film, Televisi, dan Media

7.500.000

 
Tabel Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Jalur SEMA UPNVJ
Program Sarjana Program Studi Kajian Film, Televisi, dan Media Tahun 2024

NO

PROGRAM STUDI

IPI

KELOMPOK 1

KELOMPOK 2

KELOMPOK 3

1

S1 Kajian Film, Televisi, dan Media

18.000.000

19.000.000

20.000.000

Pembayaran UKT dan IPI dilakukan setelah dinyatakan lulus. Pembayaran dapat dilakukan di BNI, BSI, BTN dan/atau Bank Mandiri melalui teller, ATM, m-banking, atau internet banking paling lambat pada Kamis, 1 Agustus 2024 pukul 19.00 WIB sampai Senin, 5 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran. Biaya UKT dan IPI yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Ketentuan Pembayaran UKT dan IPI SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media

  1. bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media diwajibkan melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yakni Kamis, 1 Agustus 2024 pukul 19.00 WIB sampai Senin, 5 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB.
  2. bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media yang tidak melakukan pembayaran sesuai jadwal yang telah ditetapkan maka dinyatakan mengundurkan diri.

Pelaksanaan Ujian Bela Negara SEMA UPNVJ

Pelaksanaan ujian Bela Negara merupakan salah satu tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru pada jalur seleksi mandiri di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang pelaksanaan Ujian Bela Negara antara lain:

  1. Pelaksanaan Ujian Bela Negara dilakukan daring (online) dari rumah atau tempat masing-masing.
  2. Materi Ujian meliputi:
    1. Pancasila;
    2. Kewarganegaraan;
    3. Wawasan Kebangsaan; dan
    4. Nilai-Nilai Bela Negara
  3. Waktu Pelaksanaan Ujian 120 Menit
  4. Jumlah Soal Ujian Bela Negara sebanyak 100 soal
  5. Soal dalam 3 bentuk yaitu bentuk pilihan tunggal, pilihan ganda, dan sebab akibat
  6. Pilihan jawaban setiap soal adalah (A, B, C, D, E)
  7. Ketentuan Penilaian:
    1. Menjawab benar nilai = 1 (satu)
    2. Menjawab salah nilai = -0,25 (minus nol koma dua puluh lima)
    3. Tidak menjawab nilai = 0 (nol)
  8. Dalam menjawab soal peserta tidak dapat Kembali ke soal sebelumnya
  9. Peserta wajib menggunakan 1 perangkat laptop/komputer berkamera untuk akses aplikasi ujian dan 1 perangkat HP (smartphone berkamera) untuk akses aplikasi Zoom.
  10. Kamera HP pada aplikasi Zoom pastikan terlihat jelas menghadap ke peserta dan laptop/komputer yang digunakan ujian
  11. Pastikan daya listrik tersedia selama ujian
  12. Pastikan koneksi internet peserta stabil dengan kecepatan >5 MBps
  13. Pastikan sudah memasang aplikasi ujian dan Zoom.
  14. Pastikan pada saat ujian, peserta memasukan username dan password pada aplikasi ujian. Username dan Password dapat dilihat pada Kartu Tanda Peserta Ujian masing-masing.
  15. Pastikan penamaan pada Zoom menggunakan nama sesuai pada kartu tanda peserta ujian
  16. Aplikasi ujian dan aplikasi Zoom harus dapat  mengaktifkan kamera dan kamera aktif pada saat ujian  berlangsung
  17. Peserta bergabung di Zoom 45 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun, Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti tes.
  18. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler (kecuali yang dipakai diaplikasi Zoom), jam tangan (arloji), kamera, dan segala jenis alat elektronik untuk merekam.
  19. Peserta tidak diperkenankan berbicara dengan siapapun selama tes berlangsung.
  20. Aplikasi ujian akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir
  21. Peserta yang meninggalkan ruangan setelah memulai ujian dan karena satu dan lain hal tidak kembali lagi hingga  waktu ujian berakhir, dinyatakan telah selesai menempuh  ujian.
  22. Segala bentuk pelanggaran dan/atau kelalaian/tidak terpenuhinya dari butir-butir ketentuan di atas, termasuk segala tindakan pelanggaran atau terkonfirmasinya  tindakan kecurangan dari hal-hal yang mencurigakan akan  menjadi pertimbangan pengambilan keputusan DISKUALIFIKASI peserta dari Tes Bela Negara UPN "Veteran" Jakarta.

Ketentuan Kuota, Kriteria Kelulusan, dan Afirmasi SEMA UPNVJ

  1. Jalur Seleksi Mandiri (SEMA) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta merupakan salah satu jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang kuotanya ditetapkan sebesar 30% (tiga puluh persen) dari seluruh daya tampung mahasiswa baru UPN “Veteran” Jakarta dan ditambah jumlah yang tidak mendaftar ulang pada Seleksi Nasional Berbasis Tes.
  2. Kuota Jalur Seleksi Mandiri (SEMA) UPN “Veteran” Jakarta dibagi menjadi Skema Non-Afirmasi sebesar 60% (enam puluh persen) dan Skema Afirmasi dengan kuota 40% (empat puluh persen). Apabila kuota skema Afirmasi tidak terpenuhi maka akan dialihkan ke kuota skema Non Afirmasi.
  3. Ketentuan Skema Non-Afirmasi:
  1. Skema Non-Afirmasi ditetapkan dengan kuota sebagai berikut:
  1. Subskema akademik dengan kuota sebesar 100% (seratus persen).
  1. Kriteria kelulusan yang digunakan untuk skema Non-Afirmasi adalah sebagai berikut:
  1. Subskema akademik menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2024 dengan bobot 50% (lima puluh persen) dan nilai Ujian Bela Negara Gelombang 2 Tahun 2024 dengan bobot 50% (lima puluh persen).
  1. Ketentuan Skema Afirmasi:
  1. Kuota Skema Afirmasi ditetapkan menjadi 3 (tiga) jenis afirmasi dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Keluarga besar TNI/POLRI/PNS Kemhan/PNS POLRI sebesar 50% (lima puluh persen);
  2. Keluarga besar UPN “Veteran” Jakarta sebesar 45% (empat puluh lima persen); dan
  3. Alumni sebesar 5% (lima persen).

Apabila salah satu kuota jenis Afirmasi tidak terpenuhi maka akan dialihkan ke jenis Afirmasi lainnya.

  1. Cakupan Skema Afirmasi ditetapkan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Keluarga besar TNI/POLRI/PNS Kemhan/PNS POLRI yang mencakup Anggota TNI/POLRI, PNS Kementerian Pertahanan, Pegawai Negeri Sipil POLRI, dan purnawirawan/wredatama.
  2. Keluarga besar UPN “Veteran” Jakarta yang meliputi Dosen tetap, tenaga kependidikan tetap, dan Pensiunan Pegawai UPN “Veteran” Jakarta.
  3. Alumni yang mencakup alumni UPN “Veteran” Jakarta yang berkontribusi untuk pengembangan UPN “Veteran” Jakarta.
  1. Kriteria kelulusan yang digunakan untuk Skema Afirmasi adalah subskema TNI/POLRI/PNS Kemhan/PNS POLRI, subskema Keluarga besar UPN “Veteran” Jakarta, dan subskema alumni menggunakan kriteria subskema akademik.
  2. Status Pendaftar yang diajukan melalui Skema afirmasi Keluarga besar TNI/POLRI/PNS Kemhan/PNS POLRI, Keluarga besar UPN “Veteran” Jakarta, dan Alumni adalah anak kandung.
  3. Pada saat pengajuan permohonan Afirmasi wajib mengunggah dokumen sebagai berikut:
    1. Scan asli (berwarna) Surat Permohonan Pengajuan Afirmasi;
    2. Scan asli (berwarna) Surat rekomendasi dari institusi. Bagi Alumni, surat rekomendasi dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi;
    3. Scan asli (berwarna) Kartu peserta pendaftaran SEMA UPN “Veteran” Jakarta Tahun 2024;
    4. Scan asli (berwarna) Surat Pernyataan Kesanggupan IPI;
    5. Scan asli (berwarna) Kartu Keluarga;
    6. Scan asli (berwarna) Akte Kelahiran;
    7. Scan asli (berwarna) Kartu Tanda Anggota (Khusus TNI/POLRI/PNS Kemhan/ PNS POLRI);
    8. Scan asli (berwarna) Kartu Pegawai (Khusus Pegawai UPN “Veteran” Jakarta);
    9. Scan asli (berwarna) Ijazah Orang Tua (khusus alumni); dan
    10. Scan asli (berwarna) Dokumen bukti kontribusi sebagai alumni.
  4. Masa waktu pengajuan permohonan Afirmasi tanggal 10 Juli 2024 pukul 15.00 WIB sampai dengan 19 Juli 2024 pukul 15.00 WIB.
  5. Pengajuan afirmasi dilakukan setelah pendaftaran SEMA UPN “Veteran” Jakarta.
  6. Mekanisme pengajuan usulan skema afirmasi melalui tautan https://s.id/pengajuan_afirmasi_sema_upnvj_2024_g2. (Login google mail terlebih dahulu)
  7. Informasi Kuota SEMA UPNVJ Tahun 2024 dapat dilihat pada tautan https://s.id/kuotapenmaruupnvj2024.

Program Studi dan Daya Tampung

Kuota Program Studi S1 Kajian Film, Televisi, dan Media sebanyak 40 (empat puluh). Informasi lengkap dan update Kuota SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media Tahun 2024 dapat dilihat pada link https://s.id/kuotapenmaruupnvj2024

Ketentuan Kuota SEMA UPNVJ

Jika Kuota SEMA UPNVJ tidak terpenuhi karena adanya calon mahasiswa yang mengundurkan diri maka diisi oleh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Cadangan.

Jadwal Penting SEMA UPNVJ :

No

KEGIATAN

TANGGAL DAN WAKTU

1

Pendaftaran Online

18 Juli 2024 (08.00 WIB) s.d

25 Juli 2024 (13.00 WIB)

2

Pembayaran Formulir Pendaftaran

18 Juli 2024 (08.00 WIB) s.d

25 Juli 2024 (15.00 WIB)

3

Pengisian Tahapan Pendaftaran

18 Juli 2024 (08.00 WIB) s.d

25 Juli 2024 (23.59 WIB)

4

Cetak Kartu Peserta Pendaftaran SEMA UPNVJ

18 Juli 2024 (08.00 WIB)

5

Pengumuman Hasil Kelulusan

30 Juli 2024 (15.00 WIB)

6

Pelaksanaan Tes Kesehatan

1 Agustus 2024 (08.00 - 15.00 WIB)

7

Pembayaran UKT dan IPI Daftar Ulang Mahasiswa Baru

1 Agustus 2024 (19.00 WIB) s.d

5 Agustus 2024 (15.00 WIB)

8

Daftar Ulang Mahasiswa Baru

1 Agustus 2024 (19.00 WIB) s.d

5 Agustus 2024 (23.59 WIB)

9

Pengumuman Hasil seleksi Cadangan

7 Agustus 2024 (15.00 WIB)

10

Pelaksanaan Tes Kesehatan

8 Agustus 2024 (08.00 - 11.00 WIB)

11

Pembayaran UKT dan IPI Daftar Ulang Mahasiswa Baru Cadangan

8 Agustus 2024 (13.00 WIB) s.d

10 Agustus 2024 (15.00 WIB)

12

Daftar Ulang Mahasiswa Baru Cadangan

8 Agustus 2024 (13.00 WIB) s.d 11 Agustus 2024 (15.00 WIB)

Pengumuman Hasil SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media

Pengumuman hasil kelulusan SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media dilakukan pada Selasa, 30 Juli 2024 pukul 15.00 WIB melalui laman  https://pengumuman.upnvj.ac.id/ dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan Nomor Formulir dan PIN atau menggunakan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir.

Pengumuman Penetapan Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

Bagi calon peserta KIP Kuliah yang lulus SEMA UPNVJ Gelombang 2 akan dilakukan verifikasi data ekonomi berbasis dokumen melalui wawancara telepon dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta. Selanjutnya, penetapan penerima KIP Kuliah akan diumumkan pada Jum’at, 2 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB. Kuota Penerima KIP Kuliah setiap program studi 1 orang, kecuali program studi S1 Sains Informasi belum dapat menerima KIP Kuliah. Bagi yang ditetapkan tidak membayar UKT dan IPI. UKT dibayarkan oleh Pemerintah. Bagi yang tidak ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah, pembayaran UKT dan IPI dilakukan pada Kamis, 1 Agustus 2024 pukul 19.00 WIB sampai dengan Senin, 5 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB.

Pengumuman Penetapan Penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP)

Bagi peserta pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) pastikan anda terdata sebagai penerima KJP dengan status “Ditetapkan sebagai Penerima” dan terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pemeriksaan status penerima KJP melalui https://kjp.jakarta.go.id/public/cekStatusPenerima.php  dan untuk melihat status terdata di DTKS melalui https://p4op.jakarta.go.id/kjmu/kjptdtksadd setelah terdata sebagai penerima KJP dan terdata di DTKS, jika lulus SEMA UPNVJ berikutnya wajib melakukan pendaftaran Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) melalui https://p4op.jakarta.go.id/kjmu/ beranda.   

Kuota KJMU setiap program studi 1 orang. Bagi pemegang KJP dan terdata di DTKS yang dinyatakan lulus seleksi SEMA UPNVJ wajib membayar UKT terlebih dahulu yang nantinya akan dikembalikan jika ditetapkan sebagai penerima KJMU oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta, kelompok UKT yang ditetapkan yaitu, kelompok 4 (bagi yang diterima pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) akan dibayarkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Daftar Ulang SEMA UPNVJ S1 Kajian Film, Televisi, dan Media

Bagi calon mahasiswa baru yang telah melakukan pembayaran UKT dan IPI dapat langsung melakukan daftar ulang secara dalam jaringan (online) mulai Selasa, 1 Agustus 2024 pukul 19.00 WIB sampai Senin, 5 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB melalui laman: regmaba.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan Nomor Peserta dan tanggal lahir.

Informasi

Kanal untuk penyampaian Pengaduan/keluhan/Pertanyaan/komentar silahkan klik Disini

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru dapat menghubungi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Jakarta Tahun 2024 melalui:

WhatsApp            : WhatsApp (WA Chat Only) 0877-8284-5554 atau 0852-1149-6494 atau 0852-1149-6490 

Email                   : penmaru@upnvj.ac.id

Informasi, pengumuman,  dan berita penerimaan mahasiswa baru seluruhnya hanya kami sampaikan melalui laman resmi: penmaru.upnvj.ac.id dan pendaftaran.upnvj.ac.id

Media sosial resmi: Instagram : @upnveteranjakarta ; Facebook : @upnjakarta ;

Twitter : @upnjakarta ; Youtube :@upnveteranjakarta ; Tik Tok: @upnveteranjakarta.

Terakhir diperbaharui : Rabu, 17 Juli 2024 21:45 WIB | Halaman ini merupakan halaman dinamis, sewaktu-waktu informasi dapat berubah.


Kontak Kami

Alamat
Sub Bagian Registrasi & Statistik UPN "Veteran" Jakarta
Gedung Rektorat Lantai Dasar, Jl. RS Fatmawati, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450
Telepon
021-7699431 / 021-7656971 (Ext 124)
Faksimile
021-7699431 / 021-7656971 (Ext 124)
Website
E-mail
penmaru@upnvj.ac.id