Sebelum Anda menanyakan sesuatu kepada kami, ada baiknya Anda membaca pertanyaan yang paling sering ditanyakan berikut ini beserta jawabannya.
Bila ternyata pertanyaan yang akan Anda ajukan belum ada dalam daftar pertanyaan berikut, silahkan Anda menuliskan pertanyaan kepada kami disini.
Jawab :
Saat ini UTBK baru dilakukan di tahun 2019, saat ini kami hanya dapat memberikan informasi tentang tingkat keketatan setiap program studi di UPN Veteran Jakarta. Data Keketatan dapat dilihat disini (https://penmaru.upnvj.ac.id/id/sarjana/sbmptn.html)
Jawab :
Untuk pendaftaran SBMPTN tahun 2019 tidak dipungut biaya.
Jawab :
Apabila telah selesai proses pendaftaran pada kelompok ujian saintek maka tidak dapat dirubah ke kelompok ujian soshum, Namun jika kesempatan gelombang 2 belum dilakukan maka dapat dilakukan pendaftaran kembali pada gelombang 2 dengan kelompok ujian Soshum.
Jawab :
Silahkan Lanjutkan pendaftaran, lalu lakukan pembayaran dan mengikuti Ujian UTBK, setelah itu apabila dinyatakan diterima di SBMPTN, silahkan sampaikan Dokumen Pendukung berupa Surat Keterangan dari sekolah yang memuat data Nama, NISN, NPSN dan Pas Photo kepada Perguruan Tinggi tempat saudara diterima.
Jawab :
Silahkan Lanjutkan pendaftaran dan lakukan pembayaran, setelah itu silahkan sampaikan ke Pusat UTBK tempat anda memilih ujian dengan membawa dokumen pendukung terkait data yang salah.
Jawab :
  • Pastikan data NISN, NPSN, Tanggal Lahir, Email yang diisi sudah benar. 
  • Apabila masih belum ditemukan, silahkan ke pusat UTBK terdekat dengan membawa ijazah asli atau surat keterangan dari sekolah yang memuat NISN serta membawa Kartu Keluarga
Jawab :
Ujian untuk pendaftar Disabilitas dijadwalkan tanggal 4 Mei 2019, tetapi untuk pendaftar umum tetap dapat mengikuti ujian pada tanggal tersebut. Khusus di Pusat UTBK UPN Veteran Jakarta dan Juga Mitra UTBK UPN Veteran Jakarta di sekolah hanya untuk peserta ujian umum (Non Disabilitas). 
Jawab :
Jika muncul pesan “Tidak ada sesi ditemukan”  artinya lokasi ujian telah habis, silahkan mendaftar ke Pusat UTBK Jakarta Lainnya, yaitu Pusat UTBK UI dan Pusat UTBK UNJ.
Jawab :
Tempat dan persyaratan serta detail daftar ulang bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi dapat dilihat dihalaman website www.penmaru.upnvj.ac.id dan https://penmaru.upnvj.ac.id/pendataan
Jawab :

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, yaitu melalui Bidikmisi.

Jawab :
  1. Sesi Pagi dimulai dari:
  • Pukul 07.30 - 07.35 dengan kegiatan Peserta Masuk Ruang Ujian
  • Pukul 07.35 - 07.55 dengan kegiatan Pemeriksaan Identitas/Dokumen 
  • Pukul 07.55 - 08.00 dengan kegiatan Latihan
  • Pukul 08.00 - 11.45 dengan kegiatan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA)
  1. Sesi Siang dimulai dari:
  • Pukul 12.30 - 12.35 dengan kegiatan Peserta Masuk Ruang Ujian
  • Pukul 12.35 - 12.55 dengan kegiatan Pemeriksaan Identitas/Dokumen 
  • Pukul 12.55 - 13.00 dengan kegiatan Latihan
  • Pukul 13.00 - 16.45 dengan kegiatan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA)

 

Jawab :

Ketentuan mengenai biaya UTBK adalah sebagai berikut :

  1. Biaya yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) setiap mengikuti tes.
  2. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.
  3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  4. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.
Jawab :

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Setiap peserta dapat memilih kelompok ujian Saintek dan/atau Soshum.

Jawab :

Mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Jawab :
TPS mengukur KEMAMPUAN KOGNITIF yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah KEMAMPUAN PENALARAN UMUM, KEMAMPUAN KUANTITATIF, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN UMUM, serta KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.
Jawab :
Tidak bisa, karena jadwal pendaftaran antara gelombang satu dan gelombang dua berbeda.
Jawab :
Pendaftaran terdiri dari dua gelombang. Gelombang Pertama tanggal 01 – 24 Maret 2019 dan Gelombang Kedua tanggal 25 Maret – 01 April 2019
Jawab :

Materi tes terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Jawab :
Setiap peserta akan diberikan hasil tes secara individu 10 hari setelah mengikuti UTBK.
Jawab :

Peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimum dua kali dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. UTBK kelompok Saintek satu kali dan/atau kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.
  2. Hasil UTBK hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2019.
Jawab :
  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018.
  3. Peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimum dua kali dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. UTBK kelompok Saintek satu kali dan/atau kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.
    2. Hasil UTBK hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2019.
  4. Membayar biaya UTBK.
Jawab :

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dirancang untuk memprediksi peserta mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi.

Jawab :

KHUSUS MAHASISWA ANGKATAN 2017 PEMBAYARAN UKT DILAKUKAN HANYA DI BANK BRI SYARIAH

BNI Melayani pembayaran Formulir Pendaftaran dengan 3 (tiga) cara yaitu melalui Teller, ATM dan Internet Banking

TATACARA PEMBAYARAN FORMULIR PENDAFTARAN MELALUI INTERNET BANKING BNI :

  1. Buka Website login internet banking BNI 
  2. Login menggunakan User ID dan Password anda
  3. Lalu masukan kode karakter dan klik Login
  4. Pilih menu Transaksi
  5. Pilih menu Pembelian/Pembayaran
  6. Pilih Pembayaran Tagihan
  7. Pilih Opsi Biaya Pendidikan lalu klik Ok
  8. Tipe Layanan : Pembayaran
  9. Perguruan Tinggi : UPN Veteran Jakarta
  10. Nomor Tagihan : Isiskan Nomor Formulir Pendaftaran SMM-UPNVJ
  11. Rekening Debet : Pilih Rekening Debet Anda
  12. Klik Lanjutkan
  13. Muncul Halaman Konfirmasi yang berisikan : Nomor Tagihan, Nama Perguruan Tinggi, Nomor Mahasiswa, Nama Mahasiswa, Jurusan, Rincian Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Biaya Admin, Total Pembayaran, Keterangan, Rekening Debet
  14. Lalu masukan BNI e-Secure Response yang didapat dari Token BNI
  15. Lalu Klik Bayar
  16. Harap simpan bukti tersebut sebagai Bukti Pembayaran Anda 

TATACARA PEMBAYARAN FORMULIR PENDAFTARAN MELALUI TELLER BNI :

  1. Calon mahasiswa mendatangi cabang BNI terdekat.
  2. Pembayaran calon mahasiswa dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer).
  3. Calon mahasiswa menginformasikan Nomor Formulir yang didapat saat registrasi (misal : 1710111001)
  4. Teller akan melakukan verifikasi atas informasi pembayaran calon mahasiswa. (teller akan menyebutkan Nama Peserta CAMARU untuk meyakinkan anda)
  5. Calon mahasiswa melakukan pembayaran.
  6. Calon mahasiswa akan mendapatkan Tanda Terima Pembayaran Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru
  7. Harap simpan bukti tersebut sebagai Bukti Pembayaran Anda

TATACARA PEMBAYARAN FORMULIR PENDAFTARAN MELALUI ATM BNI :

  1. Setelah calon mahasiswa/i dan mahasiswa/i memasukkan PIN Kartu ATM, maka akan muncul menu. Kemudian pilih "MENU LAIN".
  2. Kemudian akan muncul layar menu. Kemudian pilih "PEMBAYARAN"
  3. Kemudian akan tampil layar menu. Kemudian pilih "MENU BERIKUTNYA"
  4. Kemudian pilih "UNIVERSITAS"
  5. Kemudian pilih "STUDENT PAYMENT CENTER (SPC)"
  6. Masukkan Kode Universitas diikuti oleh Nomor Formulir yang didapat dari saat mendaftar Seleksi Mandiri Masuk UPN "Veteran " Jakarta (SMM_UPNVJ). Kode UPN "Veteran" Jakarta adalah : 8011. dan Nomor Formulir. Jika Sudah tekan "TEKAN JIKA BENAR"
    Contoh : 
         Kode UPN "Veteran" Jakarta    : 8011 
         Nomor Formulir                         :  1710111001 (hanya contoh)
  7. Kemudian akan muncul layar konfirmasi. Apabila benar maka pilih "YA BAYAR" untuk melakukan pembayaran.
  8. Kemudian pilih "TABUNGAN"
  9. Setelah transaksi selesai akan keluar Receipt/ Tanda Terima Pembayaran, Harap simpan bukti tersebut sebagai Bukti Pembayaran Anda
Jawab :

Setelah melakukan pendaftaran Nomor Formulir dan PIN akan di kirim melalui E-Mail, jika tidak ada di kotak masuk (Inbox) silahkan dicoba pada Kotak SPAM. Setelah itu silahkan melakukan pembayaran pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk UPN "Veteran" Jakarta (SMM-UPNVJ) untuk mengaktifkan Nomor Formulir dan PIN sehingga bisa melanjutkan langkah berikutnya.

 

Jawab :

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Pendaftar memasukan Nama Lengkap, Tanggal Lahir, No HP, Email untuk mendapatkan Nomor Formulir  dan Personal Identification Number (PIN).
  2. Pendaftar menerima Nomor Formulir dan PIN melalui email.
  3. Pendaftar melakukan pembayaran untuk mengaktifkan PIN. 
  4. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir  dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut :
    1. Mengupload pas photo
    2. Mengisi data personal (Biodata dan data orang tua/wali)
    3. Mengisi data asal sekolah
    4. Memilih program studi pilihan 1 dan 2
    5. Memeriksa data yang telah diisi, jika sudah sesuai di submit
    6. Mencetak Kartu Tanda Peserta program Diploma – III  (Nomor Peserta SMM UPNVJ)
Jawab :

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftar memasukan Nomor Peserta SBMPTN 2017, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NISN, No HP, Email untuk mendapatkan Nomor Formulir  dan Personal Identification Number (PIN).
  2. Pendaftar akan diminta konfirmasi data SBMPTN, jika sesuai, bisa lanjut langkah berikutnya. Jika tidak sesuai di minta untuk mengecek kembali nomor SBMPTNnya.
  3. Pendaftar menerima Nomor Formulir dan PIN melalui email.
  4. Pendaftar melakukan pembayaran untuk mengaktifkan PIN.
  5. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir  dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Mengupload pas photo
  2. Mengisi data personal (Biodata dan data orang tua/wali)
  3. Mengisi data asal sekolah
  4. Memilih program studi pilihan 1 dan 2
  5. Mengunduh, mengisi dan mengunggah surat pernyataan kesanggupan membayar Uang Pangkal dan UKT sesuai tabel dibawah
  6. Memeriksa data yang telah diisi, jika sudah sesuai di submit
  7. Mencetak Kartu Tanda Peserta (Nomor Peserta SMM UPNVJ)
Jawab :
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta bekerjasama dengan beberapa pihak untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.
Halaman ini merupakan halaman dinamis, sewaktu-waktu informasi dapat berubah.

Kontak Kami

Alamat
Sub Bagian Registrasi & Statistik UPN "Veteran" Jakarta
Gedung Rektorat Lantai Dasar, Jl. RS Fatmawati, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450
Telepon
021-7699431 / 021-7656971 (Ext 124)
Faksimile
021-7699431 / 021-7656971 (Ext 124)
Website
E-mail
penmaru@upnvj.ac.id