Persyaratan Umum Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi UPNVJ
- Dokter Warga Negara Indonesia lulusan Fakultas Kedokteran yang telah terakreditasi berdasarkan kriteria LAM-PTKes;
- Memiliki IPK untuk Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter masing-masing :
- Bagi calon pendaftar lulusan program studi terakreditasi A minimal IPK ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara;
- Bagi calon pendaftar lulusan program studi terakreditasi B minimal ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara;
- Bagi calon pendaftar lulusan program studi terakreditasi C minimal minimal ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara.
Perhitungan IPK = Jumlah nilai (S1+Profesi) / jumlah SKS (S1 + Profesi) (tidak berlaku Transkrip dengan nilai konversi)
- Berusia maksimal 35 tahun pada saat memulai pendidikan (tanggal 1 September);
- Telah menyelesaikan pendidikan profesi dokter minimal 1 (satu) tahun terhitung sejak dinyatakan lulus Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)/UKMPPD;
- Telah menyelesaikan program internship dokter Indonesia;
- Tidak sedang menempuh seleksi Pendidikan Profesi Dokter Spesialis di Universitas lain pada periode yang sama;
- Dokter WNI yang berstatus TNI/ Polri/ASN.
- Peserta ASN Utusan Daerah/Instansi Pemerintah yang berasal dari daerah DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan) yang memiliki rumah sakit dengan fasilitas pelayanan radiologi namun belum memiliki Spesialis Radiologi;
- Peserta yang berstatus Non ASN yang berasal dari daerah yang mendapat rekomendasi dari rumah sakit di daerah DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan);
- Peserta Mandiri yang mendapat surat rekomendasi dari pemerintah daerah dan bersedia ditempatkan di daerah DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan).
Jadwal Pendaftaran Program Pedidikan Dokter Spesialis Radiologi UPNVJ
Pendaftaran Online dimulai 14 November 2024 16.00 WIB - 30 November 2024 13.00 WIB melalui laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/sp1.html
Biaya Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi UPNVJ
Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 750.000,- (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
Petunjuk Tatacara pembayaran Formulir Pendaftaran dapat dilihat di https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran
Biaya Pendidikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi UPNVJ
No. |
Kategori |
Grade |
SPP |
IPI |
1 |
TNI/POLRI/ASN - Tugas Belajar |
1 |
Rp13.000.000 |
Rp50.000.000 |
2 |
Rp13.000.000 |
Rp65.000.000 |
3 |
Rp13.000.000 |
Rp80.000.000 |
2 |
Non ASN Peserta Mandiri/dari daerah |
1 |
Rp12.000.000 |
Rp45.000.000 |
2 |
Rp12.000.000 |
Rp55.000.000 |
3 |
Rp12.000.000 |
Rp70.000.000 |
3 |
Mitra |
1 |
Rp15.000.000 |
Rp60.000.000 |
2 |
Rp15.000.000 |
Rp75.000.000 |
3 |
Rp15.000.000 |
Rp90.000.000 |
Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran :
- Mendaftarkan diri secara online melalui : https://pendaftaran.upnvj.ac.id/sp1.html
- Melakukan Pembayaran Formulir Pendaftaran sebesar: Rp750.000. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran
- Pada saat pendaftaran mengunggah dokumen yang dipersyaratkan sebagai berikut:
- Scan Asli Surat Permohonan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Dokter Spesialis Radiologi Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta yang ditulis tangan sendiri (dengan huruf balok) ditujukan kepada Rektor UPN “Veteran” Jakarta melalui Dekan Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, tembusan kepada Kepala Program Studi terkait di lingkungan FK UPN “Veteran” Jakarta (template dapat didownload disini)
- Foto Asli Bukti Pembayaran Formulir Pendaftaran;
- Pas Foto terbaru dengan ukuran maksimal 500kb (warna latar merah);
- Scan Asli legalisir sertifikat akreditasi program studi pendidikan dokter dan profesi dokter pada saat pendaftar lulus;
- Scan Asli Sertifikat asli TPA Bappenas atau Instansi Pemerintah yang masih berlaku, dengan minimal TPA 500;
- Scan Asli Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berstandar Internasional (TOEFL ITP, TOEFL IBT) yang masih berlaku yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal kadaluarsanya sertifikat, dengan nilai kemampuan bahasa inggris TOEFL ≥ 500 dari lembaga yang diakui UPNVJ (The British Institute (TBI), Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBIUI), Indonesia Australia Language Foundation (IALF), Educational Testing Service, British Council);
- Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Paspor yang masih berlaku;
- Scan Asli ijazah Sarjana Kedokteran (S.Ked) yang dilegalisir oleh pimpinan Fakultas yang menerbitkan;
- Scan Asli ijazah Profesi Dokter (dr.) yang dilegalisir oleh pimpinan Fakultas yang menerbitkan;
- Scan Asli transkip akademik Sarjana Kedokteran (S.Ked) yang dilegalisir oleh pimpinan Fakultas yang menerbitkan. (tidak menerima konversi Indeks Prestasi);
- Scan Asli transkip akademik Profesi Dokter (dr.) yang dilegalisir oleh pimpinan Fakultas yang menerbitkan (tidak menerima konversi Indeks Prestasi);
- Scan Asli Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang masih berlaku;
- Scan Asli Surat Ijin Praktek (SIP) Dokter terbitan pertama dan terakhir (yang masih berlaku);
- Scan Asli tanda bukti (nilai) kelulusan dan telah lulus uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)/Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD);
- Scan Asli Surat keterangan telah bekerja minimal selama 6 bulan oleh pimpinan institusi khusus bagi dokter yang melaksanakan Internship;
- Scan Asli Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Klinik UPN “Veteran” Jakarta termasuk pemeriksaan buta warna (tidak buta warna);
- Scan Asli Surat Keterangan Bebas NAPZA 6 Parameter dari Klinik UPN “Veteran” Jakarta;
- Scan Asli Hasil pemeriksaan laboratorium bebas penyakit Hepatitis B dan C serta bebas HIV;
- Scan Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCB) dari setingkat Kepolisian Resort Kota (Polresta). Khusus bagi calon pendaftar yang berasal dari instansi TNI dan POLRI, SKCK dikeluarkan dari kesatuan masing masing yang telah dilegalisasi;
- Scan Asli SK Pengangkatan dan Penempatan PTT, serta Surat Keterangan Selesai Masa Bakti dari Kementerian Kesehatan bagi yang telah melaksanakan PTT;
- Scan Asli SK Calon PNS (80%) atau SK Pengangkatan PNS (100%) bagi pendaftar yang berstatus Pegawai Negeri Sipil;
- Scan Asli Surat Perintah (Sprin) Pertama dan Surat Perintah (Sprin) terakhir untuk izin belajar bagi pendaftar yang berasal dari ASN, TNI, dan POLRI;
- Scan Asli Surat keterangan/pernyataan jaminan pembiayaan dari instansi yang mengirim bagi pendaftar yang dikirim oleh instansi pemerintah atau swasta;
- Scan Asli Surat rekomendasi yang telah ditandatangani pemberi rekomendasi (Template surat dapat didownload disini);
- Scan Asli Sertifikat kongres/seminar/pertemuan ilmiah/kursus dan penelitian dalam bidang keilmuan program studi terkait yang pernah diikuti;
- Scan Asli Surat pernyataan tidak sedang menempuh pendidikan PPDS-1 di Universitas lain pada periode yang sama (Template surat dapat didownload disini.).
- Scan Asli Surat Pernyataan Kesediaan dan Kesanggupan membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) (Template surat dapat didownload disini).
Tahap Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi:
Penerimaan mahasiswa baru dilakukan dalam 3 (tiga) tahap seleksi yaitu:
- Tahap 1 Seleksi Administrasi
Yaitu validasi persyaratan dan dokumen pendaftaran. Pendaftar yang memenuhi persyaratan, akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap 2.
- Tahap 2 Selesksi Substantif
Seleksi tahap 2 terdiri dari serangkaian tes diantaranya:
- Tes MMPI;
- Tes pengetahuan kedokteran umum khususnya ilmu radiologi (soal pilihan ganda, berjumlah 75 soal diselesaikan dalam waktu 1,5 jam); dan
Hasil seleksi tahap 2 akan dipakai sebagai bahan masukan dalam rapat koordinasi bersama Dekan, Ketua Program Studi(Kaprodi), Ka. Instalasi Radiologi untuk selanjutnya menentukan calon peserta didik yang akan mengikuti seleksi tahap 3.
- Tahap 3 Seleksi Tes Wawancara
Seleksi tahap 3 berupa tes wawancara yang dilakukan secara tatap muka oleh tim yang yang terdiri dari Dekan FK UPNVJ (atau yang mewakili Dekanat sebagai ketua TIM), Ketua Program Studi (Kaprodi), Sekretaris Program Studi (Sesprodi), staf pengajar yang ditunjuk oleh Dekan FK UPNVJ, serta pihak lain yang dipandang perlu dan relevan seleksi wawancara. Durasi wawancara ditetapkan maksimal 1 (satu) jam dengan materi wawancara berupa topik yang meliputi:
-
Penampilan dalam berperilaku professional;
-
Motivasi;
-
Kemampuan dalam berkomunikasi;
-
Kesanggupan dalam menyelesaikan pendidikan baik dalam aspek akademik maupun pendanaan; dan
-
Kemampuan dalam melakukan penelitian.
Jadwal Penting Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi
No |
Kegiatan |
Waktu Mulai |
Waktu Selesai |
1 |
Pendaftaran Online |
14 November 2024 |
30 November 2024 |
2 |
Pembiayaan Formulir Pendaftaran |
14 November 2024 |
30 November 2024 |
3 |
Pengisian Tahapan Pendaftaran |
14 November 2024 |
30 November 2024 |
4 |
Cetak Kartu Ujian |
2 Desember 2024 |
|
5 |
Test MMPI |
3 Desember 2024 |
|
6 |
Pelaksanaan CBT |
4 Desember 2024 |
|
7 |
Wawancara |
09 Desember 2024 |
10 Desember 2024 |
8 |
Pengumuman Hasil Seleksi |
17 Desember 2024 |
|
9 |
Pembayaran Daftar Ulang Mahasiswa Baru |
17 Desember 2024 |
23 Desember 2024 |
10 |
Daftar Ulang Mahasiswa Baru |
17 Desember 2024 |
23 Desember 2024 |
11 |
Adaptasi (Magang) |
26 Desember 2024 |
1 Januari 2025 |
12 |
Perkuliahan |
2 Januari 2025 |
|
Penilaian
Dalam hal penilaian seluruhnya dimasukan kedalam matriks dengan tabel sebagai berikut:
No |
Aspek yang dinilai |
1 |
Nilai TOEFL |
2 |
Lulusan PSPD |
3 |
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK S.Ked +IPK profesi) / 2 |
4 |
Rekomendasi Serapan Lulusan |
5 |
Nilai Pengetahuan Keilmuan |
6 |
Hasil Wawancara |
7 |
Hasil Psikotes Terapan |
8 |
Beasiswa |
Sistem Pengambilan Keputusan
Hasil akhir seleksi diputuskan dalam rapat antara Dekan FK UPN “Veteran” Jakarta, Kepala Program Studi, dan Kepala Instalasi Radiologi Departemen Ilmu Radiologi sesuai dengan jumlah daya tampung. Hasil keputusan diserahkan kepada Rektor untuk ditetapkan sebagai Peserta lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru.
Pengumuman Kelulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi
Pengumuman hasil kelulusan diumumkan melalui laman Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Jakarta di https://pendaftaran.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan Nomor Formulir dan PIN.
Daftar Ulang Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi
Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus diwajibkan daftar ulang dengan melakukan pembayaran Uang Kuliah dan mengunggah dokumen daftar ulang melalui
https://regmaba.upnvj.ac.id/
Daya Tampung Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi
Fakultas |
Jenjang |
Program Studi |
Daya Tampung |
Kedokteran |
Spesialis (Sp) |
Radiologi |
7 |
Skema |
Kuota |
TNI/POLRI |
2 |
Aparatur Sipil Negara (ASN) utusan daerah |
3 |
Non Aparatur Sipil Negara (ASN) Peserta Mandiri / dari Daerah |
2 |
Total Daya Tampung |
7 |