CAKUPAN, KRITERIA DAN MEKANISME PENMARU SEMA UPNVJ TAHUN 2019

Sabtu, 15 Juni 2019 09:44 WIB


Slider_SEMA_PRESTASI.jpg

Dengan ini disampaikan informasi terkait cakupan, kriteria dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru program sarjana seleksi mandiri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (SEMA UPNVJ) jalur prestasi tahun 2019 sebagai berikut :

  1. Jalur prestasi merupakan proses seleksi yang dilakukan dengan cara menggabungkan Nilai UTBK dan prestasi akademik/nonakademik.
  2. Cakupan bidang prestasi dalam SEMA UPNVJ meliputi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1 – 3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Al Quran minimal 5 Juz, Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode dan Youtube Content Creator minimal 10.000 subscribers.
  3. Jalur prestasi ini mendapatkan kuota sebanyak 10% dari jalur mandiri. Bidang Olimpiade Sains 2%, Olahraga dan Seni 2%, Hafiz Al Quran 2%, Ketua OSIS 2%, dan Youtube Content Creator 2%.
  4. Jalur prestasi ini berlaku untuk seluruh program studi kecuali program studi kedokteran dan program studi farmasi.
  5. Cakupan, kriteria dan mekanisme  seleksi untuk masing-masing bidang tersebut adalah sebagai berikut :
    1. Olimpiade Sains :
      • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki prestasi olimpiade sains bidang matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi baik prestasi yang bersifat perorangan maupun beregu.
      • Kriteria prestasi yang diperoleh peserta adalah juara peringkat 1 – 3 tingkat provinsi, nasional, dan internasional pada 3 tahun terakhir.
      • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna prestasi berupa sertifikat/surat keterangan/piagam yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi. 
    2. Olahraga :
      • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki prestasi olahraga perorangan/tunggal/individu seperti catur, bulu tangkis, bela diri, senam, renang, atletik dan lainnya. 
      • Kriteria prestasi yang diperoleh peserta adalah juara peringkat 1 – 3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional pada 3 tahun terakhir. 
      • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna prestasi berupa sertifikat/surat keterangan/piagam yang kemudian akan divalidasi oleh tim seleksi.
    3. Seni :
      • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki prestasi seni perorangan/tunggal/individu seperti lomba tari, menyanyi, melukis/menggambar, dan lainnya. 
      • Kriteria prestasi yang diperoleh peserta adalah juara peringkat 1 – 3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional pada 3 tahun terakhir.
      • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna prestasi berupa sertifikat/surat keterangan/piagam yang kemudian akan divalidasi oleh tim seleksi.  
    4. Hafiz  Al Quran :
      • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang mampu menghafal Al Quran minimal 5 Juz, dibuktikan dengan fotokopi sertifikat/ijazah atau surat keterangan dari pesantren, madrasah atau lembaga tahfiz Al Quran.
      • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna sertifikat/ijazah atau surat keterangan dari pesantren, madrasah atau lembaga tahfiz Al Quran yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi.
      • Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut,  maka wajib mengikuti tes ulang hafalan Al Quran.
    5. Ketua OSIS :
      • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang  pernah menjadi Ketua OSIS (bukan wakil ketua/ketua bidang/ketua divisi/koordinator) selama satu periode kepengurusan.
      • Kriteria Ketua OSIS dilihat dari akreditasi sekolah calon peserta.
      • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna akreditasi sekolah dan Surat Kepala Sekolah bahwa peserta adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama satu periode yang kemudian akan divalidasi oleh tim seleksi. 
    6. Youtube Content Creator :
      • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki Subscribers (Asli) dengan jumlah minimal 10.000 Subscribers.
      • Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 viewers/penonton dengan kriteria bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik dan memenuhi standar editing serta kualitas gambar yang baik.
      • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran youtube  dan menyertakan alamat link channel youtube calon peserta yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi. 
      • Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut,  maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 - 5 menit dengan tema yang ditetapkan panitia menggunakan peralatan/perlengkapan masing-masing.
  6. Waktu dan tempat pelaksanaan uji keterampilan Youtube Content Creator dan tes ulang hafalan Al Quran bagi calon mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat akan diumumkan pada Selasa, 23 Juli 2019 dan selanjutnya diwajibkan untuk mengikuti uji keterampilan dan tes ulang hafalan yang akan dilaksanakan pada Rabu, 24 Juli 2019 s.d Kamis, 25 Juli 2019 untuk uji keterampilan Youtube Content Creator bertempat di  Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Lantai 4, Gedung Rektorat, Kampus Pondok Labu UPN Veteran Jakarta sedangkan untuk tes ulang hafalan Al Quran bertempat di Masjid Mambaul Ullum UPN “Veteran” Jakarta  Kampus Pondok Labu.

Informasi tentang penerimaan mahasiswa baru lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Humas Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta tahun 2019 melalui :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Kedokteran

Fakultas Teknik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Hukum

Fakultas Ilmu Kesehatan

 


Export tanggal : Minggu, 31 Mei 2020 Pukul 17:52:41 WIB.
Exported dari [ https://penmaru.upnvj.ac.id/id/jalur-mandiri/2019/06/cakupan-kriteria-dan-mekanisme-penmaru-sema-upnvj-tahun-2019.html ]