KETENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM D3 DAN S1 JALUR SELEKSI MANDIRI UPN “VETERAN” JAKARTA (SEMA UPNVJ) GELOMBANG 2 TAHUN 2023

Minggu, 30 Juli 2023 18:11 WIB


Slider_Jadwal_Penting_SEMA_Gel_2.png

PENGUMUMAN
REKTOR UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA
NOMOR  51/UN61/DT.01.02/2023
TENTANG

KETENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA TIGA DAN PROGRAM SARJANA JALUR SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA GELOMBANG 2 TAHUN 2023

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru Program Diploma Tiga (D-3) dan Program Sarjana (S-1) bagi peserta Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (SEMA UPNVJ) Gelombang 2 Tahun 2023, bersama ini kami sampaikan hal sebagai berikut:

  1. Pengumuman hasil kelulusan SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 akan diumumkan pada Senin, 31 Juli 2023 pukul 15.00 WIB dan dapat dilihat pada laman pengumuman.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan Nomor Formulir dan PIN yang diperoleh saat pendaftaran atau Nomor Peserta dan tanggal lahir pada kartu tanda peserta.
  2. Calon mahasiswa baru yang ditetapkan lulus SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 dinyatakan diterima di UPNVJ apabila telah memenuhi ketentuan penerimaan mahasiswa baru D-3 dan S-1 Jalur SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 yang meliputi:
  1. tes kesehatan;
  2. pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT); dan
  3. daftar ulang.
  1. Tes Kesehatan
  1. bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 wajib melaksanakan ketentuan sebagai berikut:
    1. menjalani tes kesehatan dengan ketentuan:
      1. bagi seluruh calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 wajib menjalani tes kesehatan yakni tes bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya; dan
      2. khusus bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 pada program studi S-1 Kedokteran dan S-1 Farmasi wajib menjalani tes kesehatan yang meliputi tes buta warna dan tes bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya.
    2. tes kesehatan dilakukan di Klinik Utama Rawat Jalan UPNVJ yang berlokasi di Jalan Raya Limo Kecamatan Limo Kota Depok 16515 Kampus Limo Gedung Medical Education and Research Center (UPNVJ MERce);
    3. tes kesehatan dilaksanakan pada Selasa, 1 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB;
    4. dalam hal hasil tes bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya sebagaimana dimaksud menunjukkan calon mahasiswa baru tidak memenuhi kriteria (positif pada Cocaine (COC) dan Marijuana (THC)) maka calon mahasiswa baru tersebut tidak dapat melanjutkan proses penerimaan mahasiswa baru SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023;
    5. dalam hal hasil tes buta warna sebagaimana dimaksud menunjukkan calon mahasiswa baru Program Studi S-1 Kedokteran dan Program Studi S-1 Farmasi tidak memenuhi kriteria (Buta Warna) maka calon mahasiswa baru tersebut tidak dapat melanjutkan proses penerimaan mahasiswa baru hasil SEMA UPNVJ Tahun 2023;
    6. tata cara pendaftaran tes kesehatan dan jadwal tes setiap program studi akan diinformasikan melalui laman https://penmaru.upnvj.ac.id dan media sosial UPNVJ (pastikan ikuti media sosial UPNVJ untuk mendapatkan informasi terbaru khususnya tentang informasi penerimaan mahasiwa baru).
  1. Pembayaran dan Pelunasan SPI dan UKT
  1. calon mahasiswa baru dapat melakukan pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT pada   1 Agustus 2023 pukul 19.00 WIB sampai dengan 4 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB melalui teller, ATM, atau internet banking Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Tabungan Negara (BTN).
  2. pembayaran SPI dan UKT tidak dapat dicicil.
  3. panduan pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT dapat dilihat di laman penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.
  4. pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT setelah 4 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB tidak dilayani dan calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri.
  5. bukti tanda terima pembayaran diunggah pada saat daftar ulang secara dalam jaringan.
  6. pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT calon mahasiswa baru dapat dilakukan setelah:
  1. mengunggah dokumen surat pernyataan terkait tes kesehatan, yang mana format surat pernyataan dimaksud dapat di unduh melalui laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ dengan login terlebih dahulu;
  2. mengunggah dokumen hasil tes kesehatan yang menunjukan tidak buta warna dan bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya serta melalui laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/; dan
  3. dokumen surat pernyataan terkait tes kesehatan dan dokumen hasil tes kesehatan yang menunjukkan tidak buta warna serta bebas narkotika dan obat/bahan berbahaya akan divalidasi terlebih dahulu oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023. Setelah dokumen dinyatakan valid calon mahasiswa baru dapat langsung melakukan pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT. Status validasi dokumen dapat dilihat pada laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ dengan login terlebih dahulu. Surat pernyataan terkait tes kesehatan dan hasil tes kesehatan yang telah dinyatakan valid menunjukkan calon mahasiswa baru memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan di UPNVJ.
  1. Daftar Ulang
  1. calon mahasiswa baru yang telah melakukan pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT dapat langsung melakukan daftar ulang melalui laman regmaba.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan nomor peserta SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 dan tanggal lahir.
  2. calon mahasiswa baru melaksanakan daftar ulang secara dalam jaringan paling lambat     4 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB.
  3. dokumen yang diperlukan untuk melaksanakan daftar ulang merupakan hasil pindaian (scan) dokumen asli atau berwarna yang meliputi:
  1. kartu tanda peserta SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023;
  2. identitas (KTP/Nomor Resi Pembuatan KTP);
  3. Kartu keluarga (KK);
  4. bukti tanda terima pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT;
  5. ijazah atau surat keterangan lulus;
  6. surat pernyataan sebagai mahasiswa baru (dapat diunggah melalui laman https://s.id/spmabaupnvj2023); dan
  7. Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan buku rekening KJP bagi penerima KJP.
  1. Peserta SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 dapat mengunduh sertifikat nilai hasil ujian melalui laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ dengan akun masing-masing mulai 31 Juli 2023 pukul 21.00 WIB.
  2. Peserta yang telah mengikuti SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023 dapat mengajukan permohonan sanggah terhadap hasil kelulusan SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023.
  1. Persyaratan Sanggah:
    1. Peserta yang mengajukan memiliki bukti pendukung. Misalnya ada teman yang memilih di program studi yang sama, lolos seleksi sementara pemohon tidak lolos. Pemohon merasa nilainya lebih baik. Maka pemohon bisa mengajukan sanggahan dengan menunjukkan bukti pendukung;
    2. Peserta yang mengajukan sanggah adalah peserta yang dinyatakan tidak lulus dalam penerimaan mahasiswa baru SEMA UPNVJ Gelombang 2 Tahun 2023;
    3. Peserta hanya dapat mengajukan sanggah paling lama 5 (lima) hari setelah pengumuman hasil Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Gelombang 2 Tahun 2023;
    4. Peserta mengajukan sanggah melalui laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ dengan akun masing-masing; dan
    5. Pengajuan sanggah hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali selama jadwal masa sanggah.
  2. Ketentuan Pengajuan Sanggah:
    1. Peserta mengunjungi laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ ;
    2. Login menggunakan Nomor Formulir dan PIN;
    3. Klik Detail;
    4. Klik menu Sanggah;
    5. Unggah bukti sanggah berupa hasil nilai peserta;
    6. Isi kolom alasan sanggah; dan
    7. Kirim sanggahan dengan klik tombol ‘Kirim Sanggah’.
  3. Jadwal masa sanggah 31 Juli 2023 – 4 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB.
  4. Jawaban sanggah paling lama 5 (lima) hari setelah masa sanggah.
  5. Jawaban dapat dilihat pada laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ dengan login terlebih dahulu menggunakan akun masing-masing.
  6. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta berhak untuk menerima atau menolak sanggah yang diajukan peserta.
  7. Keputusan panitia hasil sanggah penerimaan mahasiswa baru Program Diploma Tiga dan Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Gelombang 2 Tahun 2023 berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  1. Pembatalan Calon Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa baru akan dibatalkan haknya sebagai mahasiswa baru UPNVJ, apabila ternyata:

  1. tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 sampai dengan Angka 5;
  2. memberikan keterangan yang tidak benar; dan
  3. terlambat melakukan pembayaran dan pelunasan SPI dan UKT dari jadwal yang telah ditentukan.
  1. Penutup
  1. bagi peserta yang berstatus lulus cadangan, silakan melihat kembali status penerimaan mahasiswa baru pada tanggal 5 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB melalui laman pengumuman.upnvj.ac.id dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan Nomor Formulir dan PIN yang diperoleh saat pendaftaran atau Nomor Peserta dan tanggal lahir pada kartu tanda peserta. Pengumuman penerimaan mahasiswa baru berstatus lulus cadangan yang akan diterima berdasarkan peserta lulus SEMA UPNV Gelombang 2 Tahun 2023 yang tidak melakukan daftar ulang.
  2. apabila calon mahasiswa telah diterima pada salah satu program studi di UPNVJ kemudian mengundurkan diri maka semua biaya yang telah dibayarkan tidak dikembalikan.
  3. informasi tentang penerimaan mahasiswa baru lebih lanjut dapat menghubungi bagian informasi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVJ Tahun 2023 melalui WhatsApp (WA Chat Only) 0877-8284-5554, 0858-8817-5173, atau 0858-8302-2355 atau e-mail penmaru@upnvj.ac.id.
  4. Informasi, pengumuman dan berita penerimaan mahasiswa baru seluruhnya hanya kami sampaikan melalui media sosial resmi:
  1. laman: penmaru.upnvj.ac.id.
  2. Instagram: @upnveteranjakarta
  3. Facebook: @upnjakarta
  4. Twitter: @upnjakarta
  5. Youtube: @upnveteranjakarta; dan
  6. TikTok: @upnveteranjakarta

Export tanggal : Kamis, 29 Pebruari 2024 Pukul 22:23:52 WIB.
Exported dari [ https://penmaru.upnvj.ac.id/id/jalur-mandiri/2023/07/ketentuan-penerimaan-mahasiswa-baru-program-d3-dan-s1-jalur-seleksi-mandiri-upn-veteran-jakarta-sema-upnvj-gelombang-2-tahun-2023.html ]