S

elain program Sarjana, sistem penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) Tahun Akademik 2018/2019 juga menerima calon mahasiswa dari Program Diploma 3. Tujuan program pendidikan Diploma 3 adalah memberikan kesempatan kepada lulusan SMA, SMK, MA, dan yang sederajat tahun 2016, 2017 dan 2018 untuk memperoleh pendidikan yang berorientasi pada kemampuan keahlian terapan. Diumumkan kepada calon pendaftar program Diploma Tiga (D-3) jalur Seleksi Mandiri UPN “Veteran” Jakarta (SM UPNVJ) tahun 2018 terkait penerimaan mahasiswa baru program Diploma Tiga (D-3) pada jalur SM UPN “Veteran” Jakarta antara lain :

Persyaratan Pendaftaran Program D-3 SM UPNVJ

  • Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing
  • Lulusan dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK  atau Paket C pada Tahun 2016, 2017 dan 2018
  • Lulusan Tahun 2016 dan 2017 telah memiliki Ijazah SMA/MA/SMK  atau yang setara.
  • Lulusan Tahun 2018 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  • Setiap calon peserta dapat memilih 2 (dua) Program Studi
  • Bagi yang memilih Program Studi D-3 Akuntansi dan D-3 Perbankan dan Keuangan berasal dari  SMA/MA IPA, SMA/MA IPS, SMA/MA BAHASA dan SMK/MAK
  • Bagi yang memilih Program Studi D-3 Sistem Informasi berasal dari SMA/MA IPA, SMK/MAK (Ilmu Komputer, Multimedia dan Teknologi Informasi dan komunikasi)
  • Bagi yang memilih Program Studi D-3 Keperawatan dan D-3 Fisioterapi berasal dari SMA/MA IPA, SMK (Kesehatan)

Jadwal Pendaftaran Program D-3 SM UPNVJ

Pendaftaran program Diploma Tiga (D-3)  SM UPNVJ tahun 2018 dimulai tanggal 31 Mei 2018 s/d 25 Juni 2018 (Diperpanjang sampai 2 Juli 2018), dilakukan secara online melalui website pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UPN “Veteran” Jakarta https://pendaftaran.upnvj.ac.id/

Biaya Pendaftaran Program D-3 SM UPNVJ

Biaya pendaftaran program Diploma Tiga (D-3)  SM UPNVJ tahun 2018 sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).
Pembayaran dapat dilakukan di BNI melalui (Teller, ATM dan Internet Banking). Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak  dikembalikan. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran

Tata Cara Pendaftaran Program D-3 SM UPNVJ :

  1. Pendaftar memasukan Nama Lengkap, Tanggal Lahir, No HP, Email untuk mendapatkan Nomor Formulir  dan Personal Identification Number (PIN). 
  2. Pendaftar menerima Nomor Formulir dan PIN melalui email.
  3. Pendaftar melakukan pembayaran untuk mengaktifkan PIN. 
  4. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir  dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut :
    1. Mengupload pas photo
    2. Mengisi data personal (Biodata dan data orang tua/wali)
    3. Mengisi data asal sekolah
    4. Memilih program studi pilihan 1 dan 2
    5. Memeriksa data yang telah diisi, jika sudah sesuai di submit
    6. Mencetak Kartu Tanda Peserta program Diploma Tiga  (Nomor Peserta SM UPNVJ)

Pilihan Program Studi dan Daya Tampung

Program Diploma 3 hanya dibuka untuk beberapa program studi. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dari daftar program studi di bawah ini (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan). Berikut pilihan program studi dan daya tampung yang tersedia. 

NO FAKULTAS JENJANG PENDIDIKAN PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2018 KELOMPOK UJIAN
1 Ekonomi dan Bisnis D-III Perbankan dan Keuangan 80 SOSHUM
2 Akuntansi 80 SOSHUM
3 Ilmu Komputer D-III Sistem Informasi 80 SAINTEK
4 Ilmu Kesehatan D-III Keperawatan 40 SAINTEK
5 Fisioterapi 60 SAINTEK

Satuan Biaya Pendidikan Diploma 3 Tahun Akademik 2018/2019

Mahasiswa baru  Program Diploma Tiga (D-3) SM UPN "Veteran" Jakarta yang diterima Tahun Akademik 2018/2019, besarnya Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan kemampuan ekonomi dan sesuai pada tabel dibawah :

Tabel Uang Kuliah Tunggal (UKT) 
Program Diploma Tiga (D-3) Tahun 2018

NO PROGRAM STUDI JENJANG PENDIDIKAN UANG KULIAH TUNGGAL PER SEMESTER (Rupiah)
KELOMPOK I KELOMPOK II KELOMPOK III KELOMPOK IV KELOMPOK V KELOMPOK VI KELOMPOK VII KELOMPOK VIII
1 Akuntansi D-III 500,000 1,000,000 2,500,000 3,300,000        4,100,000 4,900,000 5,700,000 6,400,000
2 Fisioterapi D-III 500,000 1,000,000 2,500,000 3,400,000        4,300,000 5,200,000 6,100,000 7,000,000
3 Keperawatan D-III 500,000 1,000,000 2,500,000 3,500,000        4,500,000 5,500,000 6,500,000 7,300,000
4 Perbankan dan Keuangan D-III 500,000 1,000,000 2,500,000 3,300,000        4,100,000 4,900,000 5,700,000 6,400,000
5 Sistem Informasi D-III 500,000 1,000,000 2,500,000 3,300,000        4,100,000 4,900,000 5,700,000 6,400,000

Pembayaran dapat dilakukan di BNI melalui (Teller, ATM dan Internet Banking) pada tanggal 30 Juli 2018 s/d 3 Agustus 2018. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di website https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran. Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah dibayarkan tidak  dikembalikan.

Jadwal Penting Program D-3 SM UPNVJ :

NO KEGIATAN/TAHAPAN TANGGAL PENTING KETERANGAN
1 Pendaftaran Kamis, 31 Mei 2018 – Senin, 25 Juni 2018 Diperpanjang Sampai Senin, 2 Juli 2018
2 Cetak Kartu Ujian  Jum’at, 29 Juni 2018  
3 Ujian Tertulis Sabtu, 7 Juli 2018  
4 Pengumuman Kelulusan Rabu, 25 Juli 2018  
5 Daftar Ulang  Jum’at, 3 Agustus 2018  

Pengumuman Kelulusan Program D-3 SM UPNVJ

Pengumuman hasil kelulusan program Diploma Tiga (D-3) SM UPNVJ pada tanggal 25 Juli 2018. Diumumkan melalui website Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Jakarta di https://pendaftaran.upnvj.ac.id/ dengan melakukan login terlebih dahulu menggunakan Nomor Formulir dan PIN.

Daftar Ulang Program D-3 SM UPNVJ

Bagi calon mahasiswa baru program Diploma Tiga (D-3) yang dinyatakan lulus SM UPNVJ diwajibkan daftar ulang pada tanggal 3 Agustus 2018.

Persyaratan Penerimaan

  • Lulus Tes Tulis.

Materi dan Tata Tertib Ujian Program Diploma 3

Tes Tertulis :

1. KELOMPOK UJIAN SAINTEK

  • Matematika

  • Biologi

  • Fisika

  • Kimia

  • Bahasa Inggris

2. KELOMPOK UJIAN SOSHUM

  • Matematika

  • Sosiologi & Antopologi

  • Tata Negara

  • Ekonomi

  • Geografi

  • Sejarah

  • Bahasa Inggris

3. KELOMPOK UJIAN Campuran

  • Materi ujian kelompok IPC adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian SAINTEK dan SOSHUM
     

Tata tertib bagi peserta SM UPNVJ 2018 –  dibagi dalam tiga bagian yaitu: sebelum ujian dimulai, selama ujian berlangsung, dan setelah ujian selesai, dengan rincian sebagai berikut.
1. Sebelum Ujian dimulai
a. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
b. Peserta harus membawa:
1. Kartu Tanda Peserta Ujian.
2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi. Lulusan Tahun 2018 sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
3. Pensil Hitam 2B secukupnya.
4. Rautan Pensil.
5. Karet Penghapus yang Bersih dan Lunak.
6. Ballpoint Hitam.
c. Peserta dilarang mengenakan Kaos Oblong (T-Shirt)
d. Peserta harus bersepatu
e. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun lebih dari 30 menit sejak waktu tes dimulai, Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
f. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.
g. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler,  jam digital dan sebagainya. (barang-barang tersebut harus dimasukkan ke dalam tas dan diletakkan di depan kelas dan dalam kondisi off).
h. Peserta harus duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.
i. Peserta meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas.
j. Peserta yang kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian.
2. Selama Ujian Berlangsung
a. Peserta tidak dipebolehkan membuka naskah soal ujian (NSU) sebelum diberi tanda oleh Pengawas Ujian.
b. Setelah tanda ujian dimulai, pertama peserta harus memeriksa lembar naskah ujian dengan seksama untuk melihat kelengkapan lembar NSU. Apabila ditemukan lembar naskah yang tidak lengkap segera minta diganti dengan NSU yang baru.
c. Peserta harus memeriksa kondisi Lembar Jawaban Ujian (LJU).
d. Peserta mengisi Lembar Jawaban Ujian dengan pensil 2B.
e. Selama ujian berlangsung, peserta DILARANG:
1. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.
2. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain.
3. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.
4. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain.
5. Saling meminjam alat tulis.
6. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian.
7. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
f. Apabila peserta telah selesai mengerjakan ujian sebelum waktu ujian berakhir, maka peserta harus tetap duduk di tempat sampai waktu ujian berakhir.
3. Setelah Ujian Selesai
a. Peserta harus memeriksa NAMA, NOMOR PESERTA, dan TANGGAL LAHIR pada LJU, sudah diisi dan dihitami dengan benar serta sudah ditandatangani.
b. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.
c. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi instruksi oleh Pengawas Ujian.
Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Pendaftaran

Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk UPN “Veteran” Jakarta  (SMM UPNVJ) program Diploma 3 tahun 2018 dimulai tanggal: 31 Mei 2018 s/d 25 Juni 2018, dilakukan secara online melalui website Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Jakarta : Pendaftaran Program Diploma 3 SM UPNVJ

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Pembayaran dapat dilakukan di Bank BNI (Teller, ATM, dan Internet Banking). Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dikembalikan.

Tata Cara Pendaftaran :

  1. Pendaftar memasukan Nama Lengkap, Tanggal Lahir, No HP, Email untuk mendapatkan Nomor Formulir  dan Personal Identification Number (PIN).

  2. Pendaftar menerima Nomor Formulir dan PIN melalui email.

  3. Pendaftar melakukan pembayaran untuk mengaktifkan PIN. 

  4. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir  dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut :

    1. Mengupload pas photo

    2. Mengisi data personal (Biodata dan data orang tua/wali)

    3. Mengisi data asal sekolah

    4. Memilih program studi pilihan 1 dan 2

    5. Memeriksa data yang telah diisi, jika sudah sesuai di submit

    6. Mencetak Kartu Tanda Peserta program Diploma 3  (Nomor Peserta SM UPNVJ)

Informasi :

Informasi tentang penerimaan mahasiswa baru, lebih lanjut dapat menghubungi bagian  informasi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Jakarta tahun 2018 melalui :

Terakhir diperbaharui : Rabu, 11 Juli 2018 11:47 WIB | Halaman ini merupakan halaman dinamis, sewaktu-waktu informasi dapat berubah.


Kontak Kami

Alamat
Sub Bagian Registrasi & Statistik UPN "Veteran" Jakarta
Gedung Rektorat Lantai Dasar, Jl. RS Fatmawati, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450
Telepon
021-7699431 / 021-7656971 (Ext 124)
Faksimile
021-7699431 / 021-7656971 (Ext 124)
Website
E-mail
penmaru@upnvj.ac.id